Thursday, May 13, 2010

(4). ASA SESAWI FLORES

Aksi Solidaritas Alumni dan Simpatisan BS3F
untuk Menggalang Dana bagi Program BS3F



Kehadiran SESAWI FLORES dan tekad mulia yang diembannya tidak akan membawakan manfaat nyata kalau tak didukung dengan strategi dan perencanaan yang jitu dan tepat sasar. Perlu ada gerakan dan aksi nyata semua pihak, terutama aksi solidaritas dari mereka yang pernah merasakan manfaat dari Bea Siswa ini.


Kami membutuhkan dukungan perencanaan dan strategi untuk mewujudkannya. Dan strategi yang diproyeksikan bisa membuat bea siswa ini berkesinambungan adalah: gerakan pengumpulan dana alumni dan para simpatisan Sesawi Flores atau ASA SESAWI FLORES. Bersama dengan program kembarannya yang berupa penguatan ekonomi keluarga lewat konsep pengembangan pertanian dan pedesaan lestari dan terpadu, kami yakin Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores ini akan membawa manfaat bagi para peserta Bea Siswa Sesawi Flores maupun masyarakat yang ada di sekitar mereka.


4.1. Mengapa Kami Membutuhkan Dukungan Penuh Para Alumni Sesawi Flores ini?

Para alumni penerima Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores sesungguhnya adalah mereka yang pernah mengenyam kebaikan lembaga kecil ini dalam hidup mereka. Ibarat burung-burung yang pernah merasakan naungan, makanan dari tumbuhan Sesawi, merekapun pasti tak ingin agar naungan sesawi hanya berhenti pada diri mereka.


Ada banyak orang lain yang mengalami nasib seperti mereka sebelum dibantu SESAWI FLORES ini. Mereka inipun perlu dibantu untuk keluar dari kesulitan mereka, terutama dalam membiayai pendidikan mereka. Dan karena para alumni telah memiliki pekerjaan mereka masing-masing, maka saatnya mereka bergabung dalam Gerakan Penggalangan Dana Alumni bagi Sesawi Flores, yang selanjutnya disingkat dengan nama Aksi Solidaritas Alumni dan Simpatisan Sesawi Flores atau ASA SESAWI FLORES, yang berarti Harapan Sesawi Flores.

4.2. Siapa Saja yang Bisa Bergabung dengan ASA SESAWI FLORES ini?


Dari namanya, yang otomatis menjadi anggota ASA SESAWI FLORES adalah para alumni. Selain mereka disebutkan juga simpatisan, yakni para pemerhati pendidikan yang peduli dan ingin bersama Sesawi Flores menyumbangkan dana tetap bagi Bea Siswa Solidaritas ini. Karena itu, para anggota ASA SESAWI FLORES adalah :


4.2.1. Alumni Penerima Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores


Yang termasuk dalam kelompok ini adalah para alumni yang pernah mendapatkan bea siswa solidaritas Sesawi Flores, baik secara penuh maupun yang menerima bantuan secara tak penuh. Mereka semua sejauh nama-namanya diingat dan terdata, akan kami kontak untuk mempelopori ASA SESAWI FLORES ini.


Selain mereka yang terdata, sebenarnya masih ada nama-nama lain yang tak terdata, tetapi dalam satu dan banyak cara pernah mendapatkan dana, hadiah, maupun jalan serta cara mendapatkan dana untuk pendidikannya via Sesawi Flores. Mereka ini telah menamatkan pendidikannya dan telah memiliki pekerjaan tetap atau telah berkeluarga.


4.2.2. Simpatisan dan Pemerhati Pendidikan


Yang termasuk dalam kelompok Simpatisan Sesawi Flores ini adalah para pemerhati pendidikan yang ingin membantu secara langsung Program Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores. Mereka ini dengan tahu dan mau memberikan dana atau sumbangan secara tetap atau tidak tetap, materi untuk diuangkan demi mendukung program ini. Mereka juga bisa meminjamkan uang atau modal mereka untuk disimpan atau dikelola oleh Sesawi Flores untuk suatu jangka waktu tertentu tanpa bunga. Hasil pengembangan modal mereka ini akan membantu program bea siswa Sesawi Flores, sedangkan modal mereka dikembalikan setelah jangka waktu yang disepakati.


Yang juga termasuk dalam kelompok para simpatisan ini adalah juga mereka yang ingin mensponsori pendidikan calon guru SD/SMP di sekolah tempat asal mereka. Mereka memasukan dana via Sesawi Flores untuk diberikan kepada mahasiswa calon guru yang mereka kehendaki. Kelompok ini diharapkan bertumbuh dan berkembang, atas kerja keras para alumni yang mau memperkenalkan program ini kepada mereka.


Baik orang perorangan maupun lembaga atau yayasan bisa mensponsori para mahasiswa yang mereka kehendaki untuk disekolahkan dan kemudian dikembalikan kepada lembaga atau tempat/desa asal para sponsor.


4.3. Pengurus


Untuk memulai ASA SESAWI FLORES, kami memulai dengan mendatakan para alumninya dan berusaha untuk mendapatkan kontak di mana mereka berada. Untuk itu sejauh bisa dimulai, kami meminta saudara-saudari yang namanya disebutkan di bawah ini untuk mulai mengorganisir ASA SESAWI FLORES dan menggalangkan dana dengan cara menabung secara tetap/bulanan bagi Tabungan Pendidikan Sesawi Flores.


Kepengurusan awal ASA SESAWI FLORES adalah para alumni sbb:


· Koordinator Umum : Matilde Ninu
· Bendahara : Lusia Maria Wunu
· Penghubung Wilayah Ngada : Maria Immakulata Tey
· Penghubung Wilayah di Luar Ngada : Merry Bura


4.4. Kegiatan


ASA SESAWI FLORES melakukan pengumpulan dana secara tetap/bulanan dalam jumlah tertentu untuk dimasukan ke Tabungan Pendidikan Sesawi yang bisa digunakan sewaktu-waktu demi melanjutkan Bea Siswa ini bagi anggota lainnya.


Besarnya dana bulanan itu diharapkan mulai dengan jumlah Rp 50.000 setiap bulannya, hingga jumlah yang lebih besar sesuai dengan kemampuan mereka dan besarnya penghasilan mereka. Bagi yang mensponsori biaya pendidikan seorang calon guru, hendaknya juga mengingat bahwa biaya pendidikan seorang calon guru SD/SMP per tahun berkisar antara Rp 2, 5 juta hingga Rp 5 juta. Karena itu bila bermaksud mensponsori biaya pendidikan seseorang secara, hendaknya mempertimbangkan jumlah ini.


Kegiatan seperti inilah yang digalangkan oleh para donatur SESAWI FLORES di luar negeri, yang menabung secara tetap dengan jumlah yang sama untuk disumbangkan bagi kelangsungan Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores ini.


Tabungan atau Sumbangan Alumni dan Simpatisan ini berbentuk :


(1) Sumbangan dan Tabungan Wajib bagi para alumninya dan simpatisan yang ingin mensponsori pendidikan seseorang,


(2) Sumbangan Sukarela dan


(3) Sumbangan pihak lain yang ingin meminjamkan dana mereka untuk dikelola atau disimpan di rekening Sesawi Flores untuk suatu jangka waktu tertentu tanpa bunga.


Lebih lanjut para alumni ini bisa juga menggalang dana pihak lain untuk dipinjamkan tanpa bunga bagi pengembangan Bea Siswa Sesawi Flores.


Minimal sekali setahun, para alumni ini berkumpul bersama dengan penerima Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores dalam kegiatan yang bermakna bagi Sesawi Flores, bagi masyarakat dan bagi generasi muda dan anak-anak.


4.5. Bank :


Dana dimaksud akan dimasukan ke rekening Sesawi Flores berikut :


Bank : BRI Cabang Bajawa
Nomor Rekening : 0274-01-009015-50-6
Nama : Elisabet Wunu


Dana atau sumbangan ini bisa dimasukkan secara tetap per bulan atau diakumulasikan baru dikirim sekali atau beberapa kali setahun.


Pengiriman dana ini langsung ditujukan kepada Bank di atas dengan pemberitahuan langsung kepada Penanggung Jawab Rekening SESAWI FLORES atas nama Ibu Elisabet Wunu di atas.


4.6. Pemanfaatan Dana ASA SESAWI FLORES


Dana atau sumbangan Alumni dan Simpatisan Sesawi Flores, secara langsung akan digunakan untuk memback-up Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores. Artinya dana ini dihimpun untuk membantu langsung pembiayaan pendidikan para peserta atau Penerima Bea Siswa Sesawi Flores selama tahun berjalan.


Bila selama tahun berjalan masih ada sisanya, maka dana sisa ini akan dimasukkan ke Tabungan Pendidikan Sesawi yang akan langsung dimasukkan ke rekening Tabungan Sesawi Pendidikan, yang tak bisa ditarik hingga akhir tahun berjalan. Dan bila memungkinkan akan dipinjamkan sebagai modal bergulir bagi penguatan ekonomi keluarga sebagaimana dicakup oleh SESAWI FLORES.

2 comments:

  1. Terima kasih Pater,....untuk sebuah gagasan baru yang cukup bagus, semoga bisa meningkatkan SDM Masyrakat yang ada. sukses SESAWI........


    Best regards

    Sevry - Bali

    ReplyDelete
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete