Thursday, May 13, 2010

(6). BANTUAN MODAL PIHAK KETIGA

Perlunya Dana Pendidikan dan Modal Bergulir Pihak Ketiga Demi Keberlanjutan BS3F


Dari pengalaman yang nyata, keberhasilan sebuah karya besar untuk masyarakat pada umumnya ditentukan oleh manajemen yang bagus serta dukungan dana yang cukup. Juga dalam masalah pembiayaan pendidikan. Hal ini dapat kita saksikan secara kasat mata baik yang terjadi di lingkungan pemerintahan maupun di lingkungan swasta atau lembaga non profit lainnya.

Sesawi Flores menyadari sepenuhnya bahwa kemauan serta rencana strategis yang digambarkan di atas membutuhkan dana segar baik berbentuk hibah maupun berbentuk dana bergulir yang nantinya dapat dikembalikan serta digulirkan kepada kelompok lainnya dalam binaan SESAWI FLORES.

6.1. Dana Hibah atau Pinjaman Tanpa Bunga Untuk Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores
Program Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores yang dikelola oleh SESAWI FLORES selama ini memang mengandalkan bantuan para donatur luar negeri dan dalam negeri yang adalah para kenalan dan sahabat P. Anselmus Meo SVD. Semakin tingginya permintaan para mahasiswa yang ingin bergabung karena ketiadaan dana pendidikan dari orangtua mereka, kini terasa semakin urgen adanya dana dari pihak pemerintah dan lembaga donor lainnya untuk membantu program ini.

Dana bisa diberikan sebagai dana hibah, artinya pemerintah lewat lembaga-lembaganya bisa secara sengaja mengalokasikan dana yang diberikan kepada SESAWI FLORES untuk kepentingan beasiswa ini.

Selain itu, sebagaimana praktek yang berlaku di SESAWI FLORES selama ini dengan para donatur tetapnya, pemerintah atau lembaga donor bisa memberikan pinjaman dana yang disimpan di rekening Sesawi Flores yang bunganya bisa digunakan untuk membantu Bea Siswa ini. Modalnya dikembalikan setelah jangka waktu tertentu kepada pemberinya.

6.2. Dana atau Modal Bergulir Untuk Penguatan Ekonomi Keluarga

Karena program ini dipadukan dengan penguatan ekonomi keluarga di pedesaan lewat pengembangan pertanian dan Pedesaan Lestari dan Terpadu, maka SESAWI FLORES memerlukan juga dana bergulir yang cukup besar untuk diberikan untuk dikembangkan oleh unit-unit usaha SESAWI FLORES maupun kepada keluarga-keluarga binaan SESAWI FLORES.
Kucuran dana ini akan digunakan untuk mengembangkan berbagai program di atas, yang diatur dalam manajemen yang baik dan dipertanggungjawabkan. Dana ini bisa disalurkan melalui Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sesawi Flores atau LPPS Flores yang mewakili SESAWI FLORES dalam mengelola dana-dana strategis dari pihak ketiga. LPPS FLORES inilah badan hukum resmi yang akan mengatas namai Program Bea Siswa Solidaritas Sesawi Flores ini dalam urusan publik dan pengembangan masyarakat pedesaan.

No comments:

Post a Comment